Publikasi ilmiah adalah sistem publikasi yang dilakukan berdasarkan peer review dalam rangka untuk mencapai tingkat obyektivitas setinggi mungkin. Sistem ini, bervariasi tergantung bidang masing-masing, dan selalu berubah, meskipun seringkali secara perlahan. Sebagian besar karya akademis diterbitkan dalam jurnal ilmiah atau dalam bentuk buku. Publikasi menjadi sangat penting dalam mendiseminasikan hasil penelitian. Meskipun hasil penelitian diharapkan bermanfaat bagi masyarakat, secara umum manfaat secara langsung belum bisa dirasakan.
       Publikasi ilmiah saat ini sedang mengalami perubahan yang besar, yang muncul akibat transisi dari format penerbitan cetak ke arah format elektronik, yang memiliki model bisnis berbeda dengan pola sebelumnya. Tren umum yang berjalan sekarang, akses terhadap jurnal ilmiah secara elektronik disediakan secara terbuka. Hal ini berarti semakin banyak publikasi ilmiah yang dapat diakses secara gratis melalui internet, baik yang disediakan oleh pihak penerbit jurnal, instansi maupun yang disediakan oleh para penulis.
       Sistem Layanan Elektronik atau E-layanan merupakan satu aplikasi terkemuka memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Salah satu dari layanan tersebut adalah E-Journal. E-Journal adalah publikasi ilmiah dalam format elektronik dan mempunyai ISSN (International Standard Serial Number). Saat ini format E-Journal mulai banyak diminati karena adanya pergeseran pola dan kebiasaan membaca dokumen elektronik/digital. Kemudahan dan kecepatan akses terhadap informasi terutama hasil-hasil penelitian dan kajian ilmiah. Adapun manfaat E-Journal yaitu :
Bagi Pengelola :
• Proses penerbitan cepat
• Biaya penerbitan dan pengelolaan murah
• Distribusi cepat, murah, dan jangkauan luas (dunia)
Bagi Penulis :
• Diseminasi tulisan cepat
• Lebih banyak orang yang membaca tulisan

Sedangkan tujuan dari E-Journal ini adalah Menyediakan layanan dan akses global sumber informasi bagi ilmuwan dan peneliti, mendorong karya tulis ilmiah yang makin bermutu, menghindarkan duplikasi & plagiarisme penelitian/karya ilmiah dan memperlihatkan kompetensi pakar/beserta karyanya. 

e-Journal ini adalah kumpulan jurnal ilmiah tanah air. Bertujuan sebagai media diseminasi artikel ilmiah yang dapat diakses luas oleh publik. Diharapkan menjadi kontribusi positif bagi keilmuan di Indonesia.

1. Informatika :
http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/inf 
http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/tik

 2. Manajemen dan bisnis :
http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man

3. Administrasi
http://ejournalfia.ub.ac.id/index.php/profit/issue/current
http://journal.unpar.ac.id/index.php/JABCebis

4. Perhotelan
http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/hot

5. Akuntansi :
http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/aku