Penilai internal perguruan tinggi melakukan seleksi proposal sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Ditlitabmas.  Penilai  internal perguruan tinggi harus memenuhi sejumlah persyaratan. Adapun persyaratan Penilai Internal Perguruan Tinggi adalah sebagai berikut.
a. Mempunyai tanggungjawab, berintegritas, jujur, mematuhi kode etik penilai, dan sanggup melaksanakan tugas-tugas sebagai penilai.
b.  Berpendidikan Doktor.
c.  Mempunyai jabatan fungsional serendah-rendahnya Lektor.
d. Berpengalaman dalam bidang penelitian sedikitnya pernah dua  kali sebagai ketua peneliti pada  penelitian kompetitif nasional  dan atau pernah mendapatkan penelitian berskala internasional.
e. Berpengalaman dalam publikasi ilmiah pada jurnal internasional dan atau nasional terakreditasi sebagai “first author” atau “corresponding author”.
f. Berpengalaman sebagai pemakalah dalam seminar ilmiah internasional dan atau seminar ilmiah nasional.
g.  Pengalaman dalam penulisan buku ajar dan HKI merupakan nilai tambah.
h. Berpengalaman sebagai mitra bestari dari jurnal ilmiah internasional dan atau jurnal ilmiah nasional dan atau sebagai pengelola jurnal ilmiah dapat merupakan suatu nilai tambah.
 
Mekanisme Pengangkatan Penilai Internal Perguruan Tinggi adalah sebagai berikut.
a. Lembaga penelitian mengumumkan secara terbuka penerimaan calon  penilai  penelitian internal perguruan tinggi.
b. Calon penilai mendaftarkan diri atau didaftarkan oleh pihak lain ke lembaga penelitian.
c. Seleksi penilai  didasarkan pada kriteria tersebut di atas sesuai dengan bidang keahlian yang diperlukan.
d. Lembaga penelitian mengumumkan hasil seleksi  penilai  penelitian atau internal secara terbuka.
e.  Penilai  internal ditetapkan dengan SK Rektor/Direktur/Ketua perguruan tinggi dengan masa tugas satu tahun dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan.

f.  Perguruan tinggi wajib menyampaikan nama-nama  penilai  internalnya ke Ditlitabmas dengan mengunggah SK penetapan penilai ke SIM-LITABMAS.